Pengen Beli Aquarium


Suatu malam, saya lagi di pasar malam duduk santai nungguin bocil mainan nangkap ikan. Dengan bermodalkan serokan kecil di sebuah kolam terpal, Bocil nyerok-nyerokin ikan tapi nggak dapet-dapet karena emang ikannya gesit-gesit banget. Kalau ikannya, ikan komet, mungkin gampang nangkepnya, tapi ini ikan nila yang kecil-kecil jadinya susah banget ditangkap.

Setelah bosen mainan nangkap ikan yang nggak ketangkep-ketangkep. Bocil akhirnya bosen, dan pas mau bayar ke om-omnya ternyata Bocil dapat ikan komet dua ekor semacam tanda souvenir atau mungkin apresiasi buat usahanya nyerokin ikan yang nggak dapet sama sekali.

Besoknya, kebetulan istri mau nonton Ipar Adalah Maut bareng temen-temennya di Tegal. Saya nggak ikut, selain karena males nonton genre filmnya, juga permasalahan Bocilnya mau dititipin ke siapa, bikin bingung nyari jalan keluarnya. 

Hari itu Bocil di rumah bareng saya, karena gabut saya iseng ngajakin Bocil buat ke pasar ikan, niatnya cuma mau beli pakan buat ikan komet dua ekor sambil lihat-lihat ikan di sana. Tapi pas lihat-lihat ikan, ternyata bagus-bagus juga. Saya yang selama ini nggak pernah ngerti apa-apa tentang ikan, karena terakhir kali hobi melihara ikan pas masih SD, sekarang jadi mulai tertarik buat melihara ikan lagi.

Siang itu, saya cuma beli ikan komet kecil tiga ekor sama ikan glowfish empat ekor, kali ini Bocil yang nyerok sendiri ikannya jadi bisa dapat dengan mudah. Ikan-ikan yang udah dibeli, ditaruh di toples plastik bekas yang udah nggak kepakai.

Semakin hari, saya mulai tertarik buat beli aquarium. Tapi karena mikirnya ribet dan nggak paham gimana cara melihara ikan di aquarium, saya jadi maju mundur mau beli, selain itu saya juga khawatir kalau harganya aquariumnya bakalan mahal.

Saya mulai membuka pembicaraan ke istri terkait ide beli aquarium, tentu saja Bocil yang saya jadikan alasan pengen melihara ikan. Dengan mudah, istri setuju buat beli aquarium asal budgetnya masuk akal. Mencari harga aquarium adalah langkah selanjutnya yang saya jalani. 

Beli aquarium di tempat penjual ikan hias langsung saya skip karena saya yakin harganya pasti udah jelas bukan buat saya target marketnya. Sempet buka Tokopedia dan Shopee buat beli aquarium online, tapi kayaknya nggak bakal aman sampe ke rumah karena kaca pasti mudah pecah.

Selanjutnya, saya mencari aquarium di Facebook Marketplace, sekaligus mempelajari situasi pasar harga-harga aquarium yang relevan dengan ukurannya. Sekitar tiga sampai empat hari, hidup saya disibukkan dengan mencari penjual aquarium, saya juga masuk ke berbagai penjual aquarium dan ikan hias di Facebook.

Setelah mencari kesana-kemari, akhirnya saya ketemu dengan penjual yang sepertinya cocok dengan budget saya. Saya pun mendatangi lokasi pembuat aquarium ini bareng sama Bocil, yang ternyata tempatnya nggak jauh-jauh amat dari rumah. 

Lokasinya agak masuk ke dalam gang, nggak banyak aquarium yang dipajang karena orang ini kayaknya bikin aquarium kalau ada pesanan aja. Awalnya saya sih mau pesen yang ukuran 100x40x40, tapi pas lihat contohnya yang kebetulan ada disitu, saya ngerasa aquariumnya kegedean kalau dipasang di rumah. Akhirnya kami deal di ukuran 80x40x40. 

Karena saya masih awam banget sama dunia per-aquarium-an. Saya main iya-iya aja, ketika ditawarin paket pesanan sekalian sama filter box dan lampu ukuran 40cm warna biru putih. Total yang harus saya bayar waktu itu adalah empat ratus empat puluh ribu dan baru bisa diambil dua hari kemudian. Sore itu, saya DP dulu dua ratus empat puluh ribu.

Rasanya beneran nggak sabar banget buat cepet-cepet bawa pulang aquarium dan langsung berburu ikan di pasar ikan. 

Sebelum pulang, saya ngomong ke penjualnya, "Mas, ini dua hari lagi kalau saya ambilnya sama istri nanti bilang aja harganya dua ratus ribu, ya."

Masnya ketawa, lalu bilang, "okesippp"

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Wkwkk...ngibulin istri biar gak kena omel ya mas 😁, mudah-mudahan melihara ikannya berkelanjutan yak..

    BalasHapus
  2. ini persis kek suami saya jatohnya, kalau beli tetekbengek yang berhubungan dengan hobi entah itu perburungan, aquarius, persepedaan kalau ditanya harga selalu di potong range 50-75%, kwkwkwkw
    Padahal saya tau, kalau kondisi barang masih bagus ato ga jelek-jelek amat, sedikit minusnya pasti harganya ga beda jauh sama yang baru. Ternyata mas e ya begitu.

    BalasHapus
  3. Istrinya mas Edot baca blog ini nggak kira-kira?🤣🤣🤣

    BalasHapus
  4. CS an sama abang penjual aquarium di paragraf terakhir itu bikin para istri mikir keras, apakah selama ini jangan-jangan....

    BalasHapus