Agustus

Sebagai guru, bulan Agustus bagi saya selalu identik dengan berbagai macam kesibukan yang membuat rutinitas rebahan agak terganggu. Persiapan perkemahan, persiapan lomba buat POPDA (lomba cabang olahraga) dan juga persiapan administrasi kelas di tahun ajaran baru.

Sebenarnya semua ini nggak akan jadi kesibukan kalau nggak dikerjakan dan nggak dipedulikan. Ya, pengennya sih gitu.. tapi kan nggak mungkin. Belakangan ini juga badan rasanya capek banget karena sekarang tiap pulang sekolah ada tambahan ngelatih pramuka. Walaupun ngelatihnya nggak sampe ngeluarin banyak energi banget. Tapi emang namanya usia yang sudah memasuki era kebapak-bapakan ini cukup bikin badan serasa kena osteoporosis.

Meskipun bukan guru olahraga, tapi saya tetap ikut berkontribusi buat nyiapin anak-anak yang bakal diikutin buat lomba. Sepakbola misalnya, cabang ini pakainya seleksi antar sekolah. Karena guru olahraganya cuma satu dan yang ikut seleksi ada empat siswa. Maka saya ikut boncengin dua siswa ke lapangan buat seleksi. Begitu juga untuk cabang-cabang lainnya, saya harus siap kalau sewaktu-waktu diminta buat boncengin anak.

Awal ajaran baru ini juga saya pengennya fokus ngembangin aplikasi pembelajaran yang sedang saya buat. Di dalam aplikasi ini nantinya ada materi pembelajaran kelas enam dengan tampilan yang lebih 'menarik' yang juga diselingi dengan game edukatif yang saya sematkan dari wordwall.com, lalu siswa juga bisa mengerjakan evaluasi langsung di aplikasi ini atau bahkan ketika saya mau ngasih PR kalau sewaktu-waktu ada kegiatan sekolah di mana siswa diminta untuk belajar di rumah. 

Anak-anak sih sudah saya minta buat meng-install aplikasi ini, di hari-hari tertentu saya meminta anak buat membawa HP ke sekolah agar pembelajarannya menggunakan aplikasi Oke Do ini. Tentu saja dengan aturan tegas, tidak boleh menggunakan HP untuk scroll tiktok, nge-game dan Whatsapp-an sama gebetan. Alhamdulillah sih, sejauh ini anak-anak pada nurut.

Tapi untuk bisa digunakan secara maksimal, memang prosesnya masih sangat panjang karena saya juga harus menyusun kembali materi dari setiap mata pelajaran dari awal karena tahun ini adalah tahun pertama saya mengajar kelas enam dengan kurikulum merdeka. Mungkin suatu saat nanti kalau semua materi sudah selesai saya susun, aplikasi ini bakalan asik banget buat dipakai.

Oh iya, ngomong-ngomong bulan Agustus. Bulan ini juga sering menjadi dilema bagi saya ketika saya diingatkan oleh penyedia layanan domain bahwa masa domain ini hampir habis. Meskipun pada akhirnya saya akan tetap membayar untuk perpanjangan setahun ke depan yang setiap tahun nominalnya naik terus. Tapi semua ini akan selalu diawali dengan perdebatan dalam diri, 'Domainnya perlu diperpanjang nggak ya? Kalau diperpanjang juga seringnya blog nggak keurus, kalau nggak diperpanjang sayang juga udah sepuluh tahun lebih pakai domain ini.'

Lalu muncullah postingan ini, sebagai tanda bahwa blog ini sesekali masih ditengokin pemiliknya. Atau mungkin, karena baru saja perpanjang domain, jadi sayang kalau nggak diisi sama tulisan.  

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Sesungguhnya saya selalu penasaran, gambarnya kok bagus-bagus bikin di mana sih pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oalah, baiiiik. Langsung jajal, lumayan juga hasilnya. Makasih pak.

      Hapus
  2. Juli sibuk MPLS, Agustus sibuk 17an, September STS, Oktober ANBK, November persiapan panen karya P5, Desember bagi rapor, kelar deh semester ini.

    ditunggu pembahasan tentang pembelajaran menarik pakai wordwallnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njirrrr... ternyata emang sesibuk itu ya ke depannya, nggak cuma di bulan Agustus aja 😆

      Hapus
  3. Agustus tahun ini sepi-sepi aja tempat saya pak guru....sayang ya kalo gak di perpanjang domainnya,udah 10 th..lama bangeet.

    BalasHapus
  4. Sayang kalau sudah punya domain dot com nggak diperpanjang, saya saja pakai domain my.id karena gak dapat nama yang diincar, tapi ya bagusnya lebih murah dari dot com. Semangat menulis mas

    BalasHapus